Senin, 15 Oktober 2012

Manajemen Keuangan 2


FUNGSI PASAR UANG DAN PASAR MODAL

              Dalam dunia bisnis terdapat paling tidak ada tiga pelaku utama yang memainkan peranan penting hingga terjadi suatu transaksi bisnis.  Ketgia pelaku tersebut terditi dari penjual,perantara, dan pembeli. Artinya proses terlaksananya transaksi bisnis harus melibatkan ketiga pelaku ini.
              Penjual adalah pihak yang melakukan kegiatan penjualan terhadap produk atau jasa yang akan dijual. Pembeli adalah pihak yang membeli produk atau jasa yang dijual, atau ditawarkan. Dalam prakteknya sering perantara atau tempat  untuk melakukan transaksi ini kita sebut dengan pasar. Arti dari pasar itu sendiri adalah tempat penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli. Sifat pasar dapat bersifat abstrak atau nyata atau dapat pula bersifat tidak nyata tergantung dari produk atau jenis transaksi yang diinginkan. Namun dalam pengertian lain perantara juga diartikan sebagai broker, atau pialang, atau calo yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.

              Pasar keuangan merupakan pasar yang menyediakan produk keuangan baik berupa aktiva fisik surat berharga atau valuta asing. Beberapa ahli menyebutkan bahwa, pasar keuangan adalah suluruh institusi dan prosedur untuk menjembatani pembeli dan penjual instrumen keuangan. Artinya, pasar keuangan merupakan penghubung antara pihak yang ingin menjual dengan pihak yang ingin membeli produk keuangan.
              Tujuan Manajemen Keuangan adalah memaksimumkan kemakmuran pemegang saham melalui maksimisasi nilai perusahaan. Pertanyaan logis yang harus dijawab sekarang adalah bagaimana menentukan nilai perusahaan dalam lingkungan ekonomi ? Faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham suatu perusahaan ?
              Harga saham itu terbentuk di pasar modal dan ditentuakan oleh beberapa faktor seperti laba perlembar saham atau earning per share yang diproyeksikan,  rasio laba terhadap harga perlembar saham atau price earning ratio, tingkat bunga bebas resiko yang diukur dari tingkat bunga deposito pemerintah dan tingkat kepastian operasi perusahaan atau tingkat resiko usaha. Apabila perusahaan melakukan investasi yang bersifat spekulatif, ada kecenderungan harga saham akan turun karena resiko usahanya semakin besar. Dengan demikian total kemakmuran pemegang saham dapat diukur dengan menilai peningkatan total kepemilikan saham dikalikan dengan harga perlembar saham. Dengan demikian bagi manajer keuangan tidak cukup hanya mempelajari keputusan-keputusan keuangan tanpa mempelajari reaksi pasar terhadap keputusan-keputusan keuangan tersebut. Manajer keuangan harus memahami betul fungsi pasar uang dan pasar modal dalam kegiatan ekonomi.


Text Box: 1. BENTUK - BENTUK PERUSAHAAN
 



 Aktivitas perusahaan yang beroperasi secara formal haruslah memiliki badan hukum tertentu. Hal ini penting agar perusahaan tersebut memiliki lagalitas untuk menjalankan kegitannya. Lebih dari itu tiap-tiap dari jenis badan hukum yang dipilih memiliki batasan tugas, wewenang dan tanggung jawab masing-masing. Keberadaan badan hukum perusahaanakan melindungi perusahaan dari segala tuntutan akibat aktivitas yangdijalankannya.
Dalam prakteknya beberapa jenis perusahaan antara lain :
1.        Perusahaan Perseorangan       
Sebuah perusahaan perseorangan adalah suatu usaha yang dimiliki dan dikelolah oleh satu orang untuk memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri.
Kelebihan
Kekurangan
        Mudah dan murah dalam pembentukannya
        Pemilik mengendalikan secara langsung perusahaannya
        Tidak terlalu dipengaruhi oleh peraturan pemerintah
        Pemilik menerima semua keuntungan dan menanggung semua kerugian
     Kesulitan memperoleh dana dlm jumlah yang besar
     Pemilik mempunyai tanggungjawab yang tidak terbatas
     Usia perusahaan sangat tergantung dari usia individu
     Keterbatasan keahlian manajemen
     Kurangnya kesempatan bagi karyawan

2.        Perusahaan Persekutuan
Bentuk usaha dimana dua orang atau lebih yang secara bersama-sama membentuk satu badan usaha. Untuk menghindari kesalahpahaman di masa datang, masing-masinga pihak biaasanya menandatangani perjanjian tertulis secara formal. Perjanjian formal tersebut memuat: tanggal perjanjian, nama usaha, jenis usaha, tempat operasi usaha, nama pihak-pihak yang terlibat, jumlah investasi, cara pembagian keuantungan dan kerugian, tanggungjawab dan wewenang masing-masing pihak.

Kelebihan
Kekurangan
     Mudah dalam pembentukannya
     Dapat mengumpulkan dana relatif lebih mudah
     Tersedianya keahlian manajerial yang lebih banyak
     Tingkat pajak penghasilan yang lebih rendah

                          
   Tanggungjawab terhadap utang perusahaan yang tidak terbatas
   Usia perusahaan sangat terbatas, apabila ada anggota yang keluar maka usaha tersebut akan bubar
   Kesulitan dalam pemindahan kepemilikanatau kurangnya fleksibilitas untuk penambahan anggota
   Kemungkinan timbul masalah yang lebih kompleks





3.        Perseroan Terbatas
Sebuah perseroan adalah suatu bentuk badan hukum yang diciptakan atas dasar hukum yang berlaku. Dalam perseroan terbatas terdapat pemisahan antara pemilik dan manajer.
Kelebihan
Kekurangan
         Tanggungjawab terhadap utang perusahaan terbatas
        Usia perusahaan tidak terbatas
        Pemindahan kepemilikan lebih mudah dengan cara menjual saham di bursa
        Mudah untuk mengumpulkan dana dengan cara menjual saham atau obligasi
        Lebih mudah memperoleh manajemen yang proesional
·      Pemilik perusahaan harus membayar pajak yg lebih besar
·      Biaya pembentukan lebih mahal dan lebih kompleks
·      Kemungkinan timbulnya konflik akan lebih besar
·      Lebih banyak campur tangan pemerintah dan memerlukan biaya yang sangat besar untuk memenuhi peraturan pemerintah terutama yang berkaitan dengan pasar modal




Text Box: 2.  SISTEM  KEUANGAN
 


              Tujuan sistem keuangan adalah untuk menjembatani aliran dana dari pihak yang surplus dana kepada pihak yang memerlukan dana. Dalam pengertian umum, rumah tangga dan individu adalah pihak yang surplus dana sementara perusahaan adalah pihak yang memerlukan atau defisit dana. Individu secara tidak langsung menyediakan dana bagi perusahaan melalui lembaga perantara keuangan atau financial intermediary. Lembaga keuangan tersebut selanjutnya menyalurkan dana kepada perusahaan baik dalam bentuk kredit atau melalui pembelian surat-surat berharga melalui pasar keuangan atau finacial market.
              Pasar keuangan mempunyai peranan penting dalam manajemen keuangan, oleh karena itu manajer keuangan harus memahami betul mekanisme pasar keuangan tersebut. Pasar keuangan dapat pula dilihat sebagai tempat berlangsungya transaksi asset keuangan atau financial assets seperti saham, obligasi, commmercial paper, letter of credit dan surat berharga lainnya.

Tujuan utama dibentuknya pasar keuangan adalah :
1.      Menjembatani proses pemindahan dana
2.      Mendorong pembentukan modal
3.      Menciptakan harga pasar yang wajar.
Pasar keuangan juga berfungsi sebagai media pembentukan modal sehingga dalam jangka panjang memberikan konstribusi yang positif kepada perekonomian negara. Tanpa pembentukan modal yang cukup pertumbuhan ekonomi akan lambat, kesempatan kerja akan terganggu, dan kemakmuran yang diharapkan akan sulit tercapai.



Text Box: 3.  STRUKTUR  PASAR  KEUANGAN
 


Dalam perspektif perusahaan, pasar keuangan memungkinkan perusahaan untuk memperoleh dana pada saat memerlukan dan menginvestasikan kelebihan dana. Dalam ekonomi global, perkembangan pasar keuangan suatu negara tidak dapat terlepas dari perkembangan keuangan negara lain. Persoalan yang muncul juga semakin kompleks, pasar keuangan dapat dikategorikan dalam berbgagai jenis produk keuangan yang diinginkan. Dalam prakteknya jenis-jenis pasar keueangan yang ada antara lain :
PASAR UANG (money market)
              Pasar uang adalah tempat terjadinya transaksi asset keuangan jangka pendek atau short-term finacial assets. Yang dimaksud dengan asset keuangan jangka pendek adalah asset keuangan yang beredar kurang dari satu tahun. Dengan demikian instrumen pasar uang ditandai dengan jatuh tempo yang pendek, tingkat resiko yang rendah, likuid dan tingkat keuntungan yang kompetitif sebagai pencerminan resiko masing-masing asset dan kondisi ekonomi, seperti obligasi dan saham.
              Pasar uang terbentuk karena individu, pemerintah dan lembaga keuangan lainnya memiliki kelebihan dana yang bersifat sementara sehingga memerlukan tempat untuk investasi jangka pendek. Tiga jenis instrumen pasar uang adalah (a) Obligasi pemerintah, (b) Sertifikat deposito dan (c) Commercial paper.

PASAR MODAL (capital market)
              Pasar modal adalah tempat terjadinya transaksi asset keuangan jangka panjang atau long term finacial assets. Jenis surat berharga yang diperjualbelikan di pasar modal memiliki jatuh tempo lebih dari satu tahun. Pasar modal memungkinkan terpenuhinya kebutuhandana jangka panjang untuk investasi jangka panjang dalam bentuk bangunan, peralatan dan sarana produksi lainnya.
Bentuk umum surat berharga  yang diperjualbelikan di pasar modal adalah:   
a. Obligasi, merupakan utang jangka panjang yang digunakan oleh pemerintah dan perusahaan untuk mendapatkan dana jangka panjang. Obligasi perusahaan baisanya membayar bunga setiap setengah tahun sekali sebesar tingkat kupon yang tercantum dalam obligasi tersebut, memiliki jatuh tempo antara 10 sampai 30 tahun.
b. Saham preferens, adalah bentuk khusus dari kepemilikan perusahaan
c. Saham biasa, adalah bukti penyertaan modal dalam perusahaan, pemegang saham mengharapkan akan memperoleh pembayaran deviden dan tingkat keuntungan penjualan saham atau capital gain. Pemegang saham biasa memperoleh pembayaran deviden secara periodik yang besarnya telah ditentukan sebelumnya dan dibayarkan  sebelum pembayaran deviden kepada pemegang saham biasa

Keuntungan Berinvestasi di Pasar Modal :
  1. Memperoleh Deviden yaitu bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham
  2. Memperoleh Capital Gain yaitu keuntungan yang diperoleh dari hasil jual beli saham, selisih antara nilai beli saham dengan harga jual saham.
  3. Nilai atau harga saham meningkat sejalan dengan waktu dan sejalan dengan perkembangan atau kinerja perusahaan
  4. Saham, dapat dijadikan jaminan (agunan) ke bank untuk memperoleh kredit, baik agunan pokok maupun tambahan
Kerugian berinvestasi di Pasar Modal :
  1. Memperoleh Capital Loss, kerugian yang diderita dari hasil jual beli saham, berupa selisih antara nilai jual yang lebih rendah daripada nilai beli saham
  2. Menghadapi Opportunity Loss, kerugian karena memilih alternatif berinvestasi di Pasar Modal bila dibandingkan menanamkan dananya dalam deposito
  3. Kerugian yang timbul apabila perusahaan dilikwidasi, namun nilai likwidasinya lebih rendah dari harga beli saham




PASAR VALUTA ASING (foreight exchange market)
              Pasar yang melakukan kegiatan transaksi valuta asing (mata uang asing).
PASAR KREDIT KONSUMEN (costumer credit market)
              Pasar yang melayani pembiayaan pinjaman untuk pembiayaan konsumen atau produk tertentu baik barang maupun jasa, seperti pembelian mobil , motor, perlengkapan rumuah tangga, pendidikan atau liburan.

PASAR HOPOTIK (mortgage market)
              Pasar yang melayani pinjaman untuk lahan real estate/perumahan, komersial, industri dan pertanian.
PASAR KOMUDITAS (future market)
              Pasar yang melakukan kegiatan jual beli komuditas tertentu seperti produk pertanian.
              Semua jenis pasar keuangan ini melakukan kegiatan yang berhubungan dengan penghimpunan dana, penyaluran dana, transaksi tukar menukar mata uang. Artinya, pasar keuangan melibatkan pembiayaan keuangan baik melalui surat berharga maupun pembiayaan atau pinjaman.

0 komentar:

Posting Komentar